Entri Populer

Sabtu, 02 Mei 2015

tes kerja pertama

Tadi pagi saya memenuhi panggilan tes dan interview di pt forensindo sumber alam. Pukul 8.53 saya sudah sampai di pt yang beralamat jl semarang-demak km 16 demak. Tanpa babibu saya menuju ke kantor satpam, ternyata di kantor tetsebut sudah ada dua orang laki-laki yang juga akan mengikuti tes. Tak selang lama ada perempuan menuju ke kntor satpam. Tak di nyana ia juga memenuhi panggilan. Jadi ada empat oranf yang akan mengikuti tes. Sekitar pukul 10.15 salah satu satpam menyuruh kami berempat untuk mengikutinya ke suatu ruang uang tak terlalu jauh dari posisi kami duduk tunggu sebelumnya. Setelah kami semua duduk melingkari meja datanglah wanita paruh baya yang saya kira mungkin dia HRD. Namun ia tak masuk seorang diri. Di belakngnya ada pemuda casual yang menututinya. Ternyata laki-laki yang hanya memmakai kaos dan jeans itu juga melamar kerja di bagian produksi. Pemuda itu langaung di tes oleh Hrd di depan kami semua. Sembari mengisi biodata dan menjaeab tes, saya juga mensengar pembicaraan atau wawancara. Pemuda itu di terima kerja padahal iya hanya membawa surat dari rt saja. Ktp no hp atau identitas yg lain pun ia tak bawa. Sudahlah balik ke tes yang saya jalani. Ada tiga pertanyaan dengan waktu setengah jam. Soal pertama kami disuruh menggambarkan SOP ekspor sampai dengan laporan ekspor. Soal kedua mengenai iatilah ekapor seperti COO, V-legal. Soal yang terkhir adlah dokumen apa saja harus ada untuk pembuatan PAB. Haduh....😭 saya bingung jawabnya. Saya pikir nanti tesnya tes paikots. Setelah semua selesao dikerjaan (meski ada yang tidak saya di jawab) kami menunggu di luar untuk antrian interview. Saya mulai ngobrol dg yg lain. Sharing tentang kerja sebelumnya. Okeh langsung sja ke interviewnya. Setelah menunggu giliran akhirnya giliean saya yang masuk. Disana sudah ada dua orang yaitu bu HRD san wanita berhijab. Dia bertanya mulai dari identitas saya. Kenapa keluar dari kerjaan (saya menyesal dengan jawaban saya karena saya jawab kurangnya progesionalitas perusahaan terhadap pwgawai. Saya pikir mungkin seharuanya saya beealasan gaji yang sedikit karena ini memanh benar adanya. Atau pwrusahaan yang sedanng failed). Saya juga di tanya kenapa tidak menjadi guru karena background edukasi saya adalah seorang pendidik. Saya jawab tidak ada lowongan. Menyesal juga dengan jawaban yang satu ini. Mungkin jarusny saya jawab saya belum tertarik untuk menjadi guru dan itu memang benar adanya, sampai sekarang saya belum pernah melamar di sekolah manapun. Saya juga di tanya tentang kemampuan menguasai komputer atau tidak. Saya juga di suruh memperkenalkan diri menggunakan bahasa inggris. Petanyaan terakhir adalah apa yangssaya kerjakan saat ni. Saya bilang ngajar tpq. Haduh bohong lagi. Padhal kan tidak ngapa ngapain. Interview selesia jabat tangan keluar. Ini pengalaman pertama saya tes dan interview. Oh ya mereka menyruh kami untuk menunggu selama seminggu. Nanti mereka aan menghubungi kami (yang diterima kerja). Huh... Keterima gak ya... semoga bisa mendapatkan yang terbaik di antara yang baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar